Masjid-Masjid Bersiap Semarakkan Ramadhan

TheIndicatordaily.com, JAKARTA – Bulan suci Ramadhan akan tiba dalam hitungan hari. Masjid-masjid pun telah menyiapkan diri untuk melayani umat Islam yang akan beribadah.

Salah satunya, Masjid Istiqlal Jakarta yang jauh-jauh hari sudah mempersiapkan diri. Pasalnya, masjid terbesar se-Asia Tenggara ini selalu dipenuhi oleh ratusan, bahkan ribuan jamaah setiap hari selama Ramadhan.

Kepala Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, mengatakan, persiapan sudah dilakukan. Koordinasi dengan berbagai pihak pun telah berjalan. “Kami siap 100 persen,” ujar Abu kepada media, Jumat (19/5/2017). Menurut Abu, Istiqlal selalu berupaya menyiapkan diri semaksimal mungkin dalam menyambut Ramadhan. Itu dilakukan guna memberikan kenyamanan kepada para jamaah. “Sehingga, diharapkari menambah kekhusyukan dalam beribadah.”

Selain itu, kata Abu, masjid ini juga menggelar Istiqlal Ramadhan Fair yang merupakan kegiatan spesial yang digelar pada tahun ini. Sebab, kegiatan tersebut merupakan hal berbeda dibandingkan tahun sebelumnya.

Abu menjelaskan, Istiqlal Ramadhan Fair digelar sejak 19 Mei sampai 17 Juni 2017. Kegiatan tersebut terdiri atas fashion show, MTQ, dan lomba karya tulis. Selain itu, ada pula UMKM dan pedagang kaki lima (PKL) yang difasilitasi untuk menjual dagangannya dalam kegiatan tersebut. “Kegiatan lainnya sama seperti biasa, seperti tahun-tahun lalu,” ucap dia.

Pada Ramadhan kali ini, Abu melanjutkan, Istiqlal juga menyediakan 3.000 porsi untuk kegiatan buka puasa setiap hari. Namun, ia mengimbau masyarakat yang akan berbuka puasa di Istiqlal untuk datang lebih awal.

Abu mengharapkan, jamaah mengikuti tausiyah menjelang buka puasa. Ia juga mengimbau agar jamaah selalu menjaga kebersihan selama berada di masjid. Namun, tahun ini, lanjut Abu, Istiqlal tidak menyediakan makan sahur. Mai tersebut disebabkan minimnya dana.

Menurut Abu, dana untuk kegiatan Ramadhan murni dari swadaya masyarakat. “Kalau qiyamul lail tetap ada,” kata dia menegaskan.

Abu juga mengharapkan kepada masyarakat yang akan beriktikaf di Masjid Istiqlal agar tidak membawa banyak pakaian. Ia pun mengimbau agar tidak tidur setelah melaksanakan shalat Subuh.

Tak lupa, Abu menambahkan, Istiqlal juga menjamin keamanan jamaah selama Ramadhan. Dengan begitu, koordinasi dengan TNI dan Polri pun dilakukan.

At-Taqwa Centre (Masjid Raya dan Islamic Centre Kota Cirebon) juga menggelar program “Bersih-bersih Masjid Jelang Ramadhan” di Masjid Raya At-Taqwa, Kota Cirebon, Jumat (19/5).

Kegiatan itu diharapkan membuat jamaah masjid dan umat Islam pada umumnya lebih tertarik untuk datang ke masjid, merasa betah, nyaman, tertib, aman, dan khusyuk dalam beribadah di dalamnya.

Ketua Umum At-Taqwa Centre Kota Cirebon Ahmad Yani el-Muchtary menjelaskan, program “Bersih-bersih Masjid Jelang Ramadhan” di Masjid Raya At-Taqwa akan dilaksanakan dua kali untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Selain Jumat ini, kegiatan serupa juga akan kembali dilaksanakan pada Jumat (26/5) mendatang. “Jika ada masyarakat yang mau bergabung, dengan senang hati kami juga menanti,” kata Yani.

Selain menggelar program bersih masjid, At-Taqwa Centre juga akan menyelenggarakan Tarhib Ramadhan pada 25 Mei 2017 untuk menyambut Ramadhan.

Sebagai masjid kebanggaan masyarakat Kota Cirebon, kata Yani, Masjid At-Taqwa selalu berusaha untuk menjadi inspirasi bagi masjid-masjid lain dalam menyambut, mengisi, mengagungkan, dan meraih keberkahan Ramadhan. Karena itu, selain melaksanakan kegiatan menyambut Ramadhan, At-Taqwa Centre juga telah inerancang berbagai kegiatan untuk mengisi bulan mulia tersebut.

Komentar Anda?