Las Vegas, Kota Pintar Dimulai dari Skala Kecil

Pemerintah Kota Las Vegas, Amerika Serikat, menanam teknologi di balik lalu lintas di jalan-jalan umumnya yang rapi dan teratur. Juga di sepanjang jalur pejalan kakinya yang lapang dan bersih. Infrastruktur kamera pengawas dan sensor-sensor ditanam untuk memanen data yang akan diolah untuk kepentingan warga kota.

“Kami ingin menjadikan kota ini tempat tinggal yang lebih baik untuk semua warga kota,” kata Michael, dalam konferensi dan pameran Cisco Live 2017 yang diselenggarakan di Hotel Mandalay Bay, Las Vegas, pada pekan lalu. Pemerintah kota Las Vegas adalah satu mitra dari perusahaan penyedia dan pengembang teknologi jaringan Cisco Systems Ltd.

Michael mengklaim Las Vegas berkembang menjadi kota paling cerdas di Amerika Serikat. Investasi teknologi ditanam di kota yang dikenal dengan hiburan malam dan kasinonya itu untuk ke depan tidak lagi hanya bergantung pada sektor turisme. Berikut ini kutipan wawancaranya.

Pemerintah Kota Las Vegas juga akan meluncurkan perangkat aplikasi bergerak pada Agustus nanti. Bisa Anda berikan gambarannya?
Mobile application yang kami kembangkan adalah memanfaatkan teknologi yang sudah kami miliki untuk memungkinkan warga kami mendapatkan data. Mereka akan mampu melihat jalur-jalur bus dari perangkat ponsel, di mana posisi bus yang akan mereka gunakan, berapa lama untuk bisa sampai ke bus itu dan lama perjalanannya, juga data cuaca. Jadi mereka tahu apakah mereka memilih waktu yang tepat untuk perjalanannya itu.

Hanya untuk transportasi?
Tidak. Transportasi adalah masalah besar yang kami coba pecahkan, tapi kami sekarang juga mulai beranjak bagaimana menyediakan layanan kebersihan untuk publik yang lebih baik. Bagaimana kami menyediakan data untuk pengambilan keputusan yang lebih baik bagi para pekerja kebersihan di kota kami. Jadi, bukan hanya soal transportasi atau lalu lintas, tapi juga keamanan publik dan lingkungan.

Bisa Anda jelaskan tentang layanan untuk petugas kebersihan itu?
Kami tanam sensor-sensor di tempat-tempat sampah di jalan. Jika tempat sampah penuh, mereka bisa kirim informasi. Atau ketika baunya sudah dianggap mengganggu.

Apakah itu dilakukan di seluruh tempat sampah di kota ini?
Sementara ini masih sebatas di beberapa tempat sampah di pusat kota untuk menguji teknologi. Untuk memastikan sistem ini bisa kami terapkan sebelum kami sebar ke wilayah yang lebih luas. Kami mengujinya di lingkungan skala kecil dulu, lalu kami mulai mengembangkannya.

Seberapa penting membuat kota Anda pintar?
Ini bukan hanya untuk kepentingan komunitas atau warga kota, tapi juga untuk kepentingan ekonomi. Kami ingin investor melihat kota kami cerdas, di mana mereka bisa menanamkan investasi atau menempatkan perusahaannya, melakukan perdagangan di Las Vegas.

Apakah sulit meyakinkan pemerintah atau wali kota Anda untuk mengembangkan sebuah sistem kota pintar?
Apa yang harus Anda lakukan adalah menunjukkan berapa ongkos dari investasi teknologi serta sensor-sensor yang akan digunakan dan perbandingan efisiensi yang akan dibangkitkan dari aplikasinya nanti. Begitu Anda sudah membuktikan kalau sistem bisa bekerja, akan lebih mudah meyakinkan yang lain.

Bagaimana pengembangan kota pintar untuk kegunaan perekonomian itu?
Kami berharap bisa menyediakan data (open data) untuk perusahaan-perusahaan, menjadikannya bermanfaat untuk mendorong perekonomian kota kami. Perusahaan yang datang akan membuka lapangan kerja. Jadi, kami tidak hanya bergantung pada turisme.

Bagaimana dengan isu hilangnya pckerjaan karena adanya sistem dan teknologi ini?
Ya, isu lain yang muncul adalah tentang pekerjaan yang mungkin direnggut. Tapi sebenarnya bukan itu, melainkan justru menunjukkan efisfensi untuk setiap pekerja memiliki waktu lebih untuk mengerjakan lebih banyak hal lain. Investasi membuat kota Anda lebih pintar adalah juga untuk menyediakan efisiensi dan uang untuk pemerintah mengerjakan hallain.

Apakah ada tip untuk pemerintah kota lainnya dalam pengembangan smart city?
Jelas sekali bagi kami ini adalah tentang lalu lintas. Lalu lintas bisa menunjukkan identitas sebuah kota. Lalu lintas juga bisa menjadi masalah yang penting karena bagaimana membuat orang bisa berpindah-pindah lokasi dengan cepat dan efisien. Ini yang kami lakukan pertama untuk membuat kota kami pintar, membuat lalu lintas, dan juga jalur pejalan kaki aman. Kami kerjakan itu berbarengan. Dan itu yang bisa kami sarankan kepada kota lain.

Apakah butuh investasi besar untuk membuat kota pintar?
Investasi sangat rela-tif…tapi Anda bisa mulai dengan yang kecil. Mulai saja dengan proyek rintisan kecil dulu, lalu tumbuh lebih besar seiring dengan kenya-manan dengan teknologi itu dan membuktikan efisiensi yang didapat. Saran saya juga, mulailah dengan yang skala kecil dulu.

Menurut Anda, seberapa pintar Las Vegas saat ini?
Bisa dikatakan bahwa kami sudah berada di jalur untuk menjadi yang paling cerdas di Amerika Serikat. Tapi, di dunia, kami akui masih jauh karena ada kota lain yang sudah lebih maju seperti Singapura dan Hong Kong. Banyak juga kota lainnya seperti di India yang melakukan lompatan besar dalam hal penerapan teknologi smart city. Kami terus mengamati dan belajar dari mereka.

Zacharias Wuragil/Tempo |

Komentar Anda?