Indonesia Kecam Dukungan terhadap Papua Merdeka

TheIndicatorDaily.Com – NEW YORK, Indonesia mengecam delegasi beberapa negara Melanesia yang mendukung gerakan separatis di Papua. Ainan Nuran, diplomat yang mewakili Indonesia, mengecam dukungan Vanuatu dan Solomon terhadap gerakan separatis serta Papua merdeka.

“Indonesia tidak paham, bagaimana bisa ada negara yang terus-menerus menyokong gerakan separatisme di negara lain? Ataukah ini cuma cara mereka untuk bersembu-nyi dari masalah domestik?” ujar Ainan dalam pernyataan selama sekitar empat menit di ruang General Assembly, Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa, di New York, Amerika Serikat, kemarin (26/09/2017).

Pada hari terakhir debat umum Sidang Majelis Umum PBB yang ke-72, Senin lalu, dalam forum yang sama, Perdana Menteri Vanuatu Chariot Salwai mengecam komunitas internasional yang ia anggap “menutup telinga” terhadap permintaan tolong rakyat Papua. Dia menuding Indonesia menyiksa warga Papua serta mengeksploitasi kekayaan alamnya. “Kami mengimbau rekan kami di seluruh dunia agar mendukung hak warga Papua Barat menentukan nasib sendiri,”kata Salwai.

Perdana Menteri Solomon Manasseh Sogavare menyatakan hal serupa. “Jika tidak, kami sebagai sebuah persaudaraan bangsa-bangsa ikut serta melanggengkan penderitaan dan menjadi buta terhadap ketidakadilan.”

Ainan menyatakan Vanuatu dan Solomon hanya mengulang tudingan yang sama dari waktu ke waktu. “Terlalu banvak tuduhan tak berdasar, yang memiliki motif ekonomi di balik agenda Papua merdeka,” ujar dia.

Komentar Anda?